Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eropa Tidak Meluncurkan Spot Bitcoin ETF

 


Di tengah klaim dari akun crypto dan media sosial populer tentang pengenalan ETF Bitcoin pertama di Eropa, sekelompok pakar industri turun tangan untuk mengoreksi cerita tersebut.


Setelah akun media sosial utama dan toko crypto mengumumkan peluncuran ETF Bitcoin terkemuka di Eropa, pakar industri telah bersiap untuk menyanggah klaim yang menyesatkan tersebut.


Patrick Hansen, seorang tokoh terkemuka di ruang crypto, telah mengklarifikasi bahwa pedoman peraturan Uni Eropa melarang penggunaan ETF untuk aset tunggal seperti Bitcoin atau emas.


Dia juga menunjukkan bahwa Guernsey, tempat produk tersebut terdaftar, bukanlah anggota UE. Sebaliknya, Hansen menunjukkan keberadaan Bitcoin ETP (Exchange Transaction Product) di UE selama beberapa tahun. ETP ini, disusun sebagai sekuritas utang, mencerminkan kinerja Bitcoin. ETF James Seyffart mencatat jumlah ETP Bitcoin yang sudah tersedia di Eropa. Dia menggambarkan pengumuman itu hanya sebagai "semacam arbitrase teknis" dan menyarankan untuk tidak salah menyebutnya sebagai "ETF bitcoin tempat pertama di Eropa."


Untuk lebih jelasnya, ETF (Exchange-Traded Fund) adalah dana investasi yang diperdagangkan di bursa, seringkali memiliki banyak aset. Di sisi lain, ETP adalah istilah yang mencakup lebih banyak produk seperti ETF dan juga dapat mewakili satu aset.


Gabor Gurbacs, manajer prakarsa aset digital VanEck, lebih jauh membedakan ETF dan ETP Eropa. Dia menegaskan bahwa produk apa pun yang diberi label sebagai ETF di Eropa harus didiversifikasi, menyangkal keberadaan "ETF spot Bitcoin". Gurbacs, dengan pengalamannya di VanEck, juga berbagi bahwa timnya memainkan peran kunci dalam meluncurkan salah satu ETP Bitcoin fisik pertama di Eropa.


Dia mengkritik artikel dan tweet yang menyesatkan, menjelaskan bahwa produk yang terdaftar di Guernsey tidak dapat didistribusikan di Eropa tanpa pendaftaran yang diperlukan.


Dia lebih lanjut mengklarifikasi posisi UE tentang istilah "ETF", menekankan bahwa istilah tersebut tidak dapat digunakan untuk produk yang tidak terdiversifikasi. Gurbacs juga menekankan status Guernsey sebagai negara Inggris yang bergantung pada pemerintahan sendiri,

bukan anggota UE. Eropa telah melihat banyak ETF crypto, termasuk beberapa untuk altcoin eksotis, tetapi AS belum meluncurkan ETF Bitcoin spot meskipun ada kesepakatan tentang produk berbasis Bitcoin. Kontrak berakhir pada akhir tahun 2021. 

Posting Komentar untuk "Eropa Tidak Meluncurkan Spot Bitcoin ETF"